Selasa, 23 Februari 2016

Naskah Drama : Cokelat Jampe-jampe

COKELAT JAMPE-JAMPE
1.    PEMERAN :
1.    Anton Septiansyah       sebagai    Naufal.
2.    Dwiki Faizal M             sebagai    Adib.
3.    Fatin Nurwahidah         sebagai    Khirani.
4.    Linda Maulani              sebagai    Azilla.
5.    Nugraha Awaluddin     sebagai    Mbah Dukun.

2.    JALAN CERITA :
          Siang hari di kantin kampus Arghatafia, terlihat dua orang mahasiswi sedang berbincang-bincang. Ia adalah Azilla si gadis sombong dengan sahabatnya – Khirani,  gadis baik hati yang sikapnya jauh berbeda dengan Azilla. Azilla sedang menanyakan kepada Khirani apa penyebab ia dijauhi kaum adam. Sehingga sampai detik ini ia belum mempunyai kekasih hati.
Azilla                   : “Khiran, gue pengen banget punya pacar. Tapi sampai detik ini cowo-cowo yang gue taksir gak pernah suka sama gue?”
Khirani                : “Sabar dulu! Mungkin belum waktunya, belum saatnya kamu punya pacar.”
Azilla                   : “Sampai kapan gue harus bersabar?”
Khirani                : “Tapi kan Tuhan udah ngatur jodoh kita, jadi kita gak usah terlalu      mengkhawatirkannya!”
Azilla                   : “Tapi kan gue malu Ran, cantik oke, tajir iya. Masa sih pacar aja gak punya? Mau ditaro dimana muka gue?”
Khiran                 : “Nah itu yang jadi pokok masalahnya. Harta kamu yang membuat kamu sombong dan itu juga yang membuat kamu ini terlalu mengindah-indahkan harta.”
Azilla                   : “Apa hubungannya?”
Khirani                : “Adalah, kamu pasti tahu apa hubunganya harta dan kesombonganmu!”
Azilla                   : “Ya udahlah gue pulang dulu. Males banget gue kalo udah ngomongin yang kaya gitu.” (pergi meninggalkan Khirani)
          (Brruuukkkk ...)
Azilla                   : “Lo bisa liat gak sih? Mata lo disimpen dimana, hah? Basah nih baju gue, lo tahu gak harganya berapa? Uang saku lo sebulan gak bakal cukup untuk beli baju ini.”
Adib                    : “Maaf, gak sengaja.”
Naufal                 : (sinis) “Eh, maaf ya! Namanya juga ga sengaja. Harusnya maklumi dong! Jadi cewe kok kasar banget.”
Adib                    : “Maaf.” (pergi meninggalkan Azilla)
Azilla                   : “Eh...eh... mau kemana lo? Main kabur aja. Tanggung jawab dong!”
Khirani                : “Udah-udah sabar, Zi!”

          Malam harinya Azilla datang ke rumah Khirani. Khirani yang sedang membaca buku merasa terganggu akan kedatangan Azilla.
Azilla                   : “Khiran, gue inget terus kejadian tadi siang. Gue pikir-pikir ternyata itu cowo cakep juga. Menurut lo?”
Khirani                : “Menurutku ganteng, kenapa kamu suka?” (menoleh kearah Azilla namun sedetik kemudian melanjutkan baca buku kembali).
Azilla                   : “Iya, kayaknya gue suka sama cowo itu. Gue nyesel marah-marah sama dia. Gimana caranya ya buat minta maaf sama dia?”
Khirani                : “Ya udah minta maaf aja langsung. Nanti aku antar.” (tanpa mengalihkan pandangannya dari buku).
Azilla                   : “Ya udahlah, lo emang sahabat yang paling baik!” (tersenyum).

          Keesokan harinya, Azilla berniat utuk meminta maaf kepada Adib dengan ditemani oleh Khirani. Namun, mereka tidak berjumpa dengan Adib melainkan berjumpa dengan Naufal – teman Adib. Azilla pun mendekati Naufal yang sedang membaca buku.
Azilla                   : “Eh mana temen lo?”
Naufal                 : (menutup buku – menatap Azilla sinis) “Ngapain lo nyariin Adib? Mau nyuruh dia buat bayar baju lo yang mahal itu?”
Azilla                   : “Oh namanya Adib. Jangan sok tahu lo! Gue nyari dia buat minta maaf sama dia. Udah deh sekarang dimana si Adib!”
Naufal                 : “Gue gak tahu, masih di jalan kali.” (membaca kembali buku yang dipegannya).
Azilla                   : “Males gue ngomong sama lo.”
 Naufal                : “Ya udah sana pergi hush...hush...” (mengibasibaskan tangannya – mengusir Azilla)
          Namun ketika Azilla mambalikkan badannya tiba-tiba Adib muncul.
Azilla                   : (mendekati Adib – tersenyum) “Hai...!”
Adib                    : ­(datar – tanpa senyum) “Hai juga.”
Azilla                   : “Aku minta maaf soal kemarin, sorry udah marah-marah sama kamu.”
Adib                    : ­(datar) “Gapapa kok, lupain aja! Namanya juga EMOSI.” (menekankan kata emosi, bermaksud menyindir).
                                “Aku duluan ke kelas.” (pergi menjauhi Azilla).
Azilla                   : (menatap punggung Adib yang menjauh pergi) “Gue baru nyadar kalo ada cowo sebaik dia.”
Khiran                 : “Banyak kali Zi cowo yang baik, kamunya aja terlalu menutup diri dengan kesombonganmu.”
Azilla                   : “Pokoknya gue harus deketin dia dan harus milikin dia. Apapun caranya – harus.”
Khiran                 : “Hhh... Terserah kamu. Asal jangan sampe ke hal-hal yang negatif. Aku duluan ke kelas ya!” (pergi meninggalkan Azilla).
Azilla                   : “Gimana caranya ya gue dapetin Adib?”
                            (berfikir sejenak...) “Ahh ... gue tahu.”
         
          Keesokan harinya ...
Azilla                   : (mengetuk pintu).
Mbah Dukun       : (membuka pintu – menatap Azilla dari atas sampai bawah dg tatapan misterius) “Ada apa?”
Azilla                   : “Begini bah, saya datang kesini mau ...”
Mbah Dukun       : (membaca mantra – mata merem) “Hombilahom!”
                            “Saya tahu, pasti ada masalah.”
Azilla                   : “Kok tahu sih bah?” (garuk-garuk kepala belakang).
Mbah Dukun       : “Ya iyalah, mau apa kesini kalau tidak ada masalah. Mau minta sembako?”
Azilla                   : “Oh iya, lupa Mbah.”
          Mbah Dukun masuk ke dalam rumahnya diikuti Azilla.
Mbah Dukun       : “Ada masalah apa?”
Azilla                   : “Tentang cowo, Mbah. Saya ingin cowo yang saya suka jatuh cinta sama saya.”
Mbah Dukun       : “Siapa nama lelakinya?”
Azilla                   : “Adib, Mbah.”
Mbah Dukun       : “Tunggu sebentar!”
Mbah Dukun masuk ke kamarnya – sekembalinya dari kamar Ia membawa Laptop, Hp dan tidak ketinggalan Modem.
Azilla                   : “wuidihh hebat bener, pake laptop segala. Ckckck.” (geleng-geleng kepala).
Mbah Dukun       : “Ya iyalah, namanya juga Dukun Modern.”
Tangan Azilla baru saja akan menyentuh laptop sang Mbah Dukun namun ditepis oleh Mbah Dukun.
Mbah Dukun       : “Hey jangan disentuh!” (bisik-bisik) “Belum Lunas. Takut rusak.”
Azilla                   : (berdecak) “Cih!”
Mbah Dukun       : (membuka laptop – membaca mantra, lalu mengeluarkan coklat dari balik bajunya) “Nih ... berikan cokelat ini kepada laki-laki tersebut.”
Azilla                   : “Buat apa Mbah?”
Mbah Dukun       : “Ya buat mantralah, cantik-cantik kok bego.”
Azilla                   : “Oh gitu ya. Ya udah makasih Mbah.” (pergi).
Mbah Dukun       : “Eh..eh.. mau kemana kamu, maen kabur aja. Bayar dulu.”
Azilla                   : “Berapa?”
Mbah Dukun       : “Se-ikhlasnya saja lah.”
Azilla                   : (memberikan uang) “Nih.”
Mbah Dukun       : “Berapa ini? Kurang, kurang, saya santet kamu.”
Azilla                   : “Cih! Tadi se-ikhlasnya” (memberikan uang lebih) “Nih.”
                            “Ya udahlah Mbah, saya mau pulang.”
          Belum jauh melangkah, Azilla kembali lagi ke tempat Mbah Dukun.
Azilla                   : (teriak-teriak) “Mbah-mbah punya twitter gak?”
Mbah Dukun       : “Punya lah, namanya juga Dukun Modern. Emangnya kenapa?”
Azilla                   : “Takut nanti cokelatnya gak ampuh, jadi nanti saya tinggal mention saja. Apa Username-nya Mbah?”
Mbah Dukun       : “Ish pasti mujarab lah. Namanya @dukun_modern follow ya! Yang ava-nya gambar kapak merah.”
Azilla                   : “Siap Mbah. Ya sudah saya mau pulang ya Mbah.”
                            (balik lagi) “Mbahhh.......!!!”
Mbah Dukun       : “Apa lagi?”
Azilla                   : (sun tangan) “Makasih Mbah.”
Mbah Dukun       : “Ya ya... Sudah sana pulang!” (geleng-geleng kepala) “Dasar anak muda.”
Azilla pun pergi meninggalkan tempat dukun tersebut. Ia berniat akan secepatnya memberikan cokelat tersebut kepada Adib.
--0--
Keesokan harinya di kediaman Mbah Dukun, ada seorang pemuda yang menemui sang Mbah Dukun. Pemuda tersebut ialah Naufal yang tak lain adalah teman dari Adib. Ia berniat untuk meminta bantuan kepada Dukun tersebut supaya sang Dukun menjampe-jampe gadis yang disukainya, sama hal-nya dengan niat Azilla kemarin.
Mbah Dukun       : “Ada masalah apa?”
Naufal                 : “Begini Mbah saya itu suka sama seorang cewe, tapi sayangnya si cewe gak suka sama saya Mbah.”
Mbah Dukun       : “Oh ya, saya tahu. Saya punya cokelat yang sudah dijampe-jampe untuk diberikan kepada perempuan yang kamu suka. Siapa nama perempuannya ?”
Naufal                 : “Khirani, Mbah. Tapi ampuh gak?”
Mbah Dukun       : “Ampuh-lah, kemarin juga ada yang datang kesini. Masalahnya pun sama dengan kamu. Masalah, yaaa anak muda jaman sekarang. Cinta.”
Naufal                 : “Ih ya gapapa lah Mbah, kayak Mbah belum pernah muda aja. Mbah siapa aja datang kesini?”
Mbah Dukun       : “Mmm siapa ya? Banyak sih, kemarin kalau gak salah ada remaja perempuan namanya tuh Azz, Azz, Azil~la. Yaa Azilla namanya.”
Naufal                 : “Hah? Azilla? Azilla yang mana, Mbah? Terus siapa cowo yang mau di jampe-jampenya?”
Mbah Dukun       : “Azilla yang orangnya putih, tinggi, cantik tapi bego. Cowonya tuh namanya Adib.”
Naufal                 : “Hah? Adib? Yang bener Mbah?”
Mbah Dukun       : “Benerlah. Kenapa sih dari tadi kamu nanya terus?”
Naufal                 : “Aduh Mbah saya mau pulang dulu ya.” (langsung keluar dari rumah Mbah Dukun).
Mbah Dukun       : (berteriak) “Eh.. jadi gak?”
Naufal                 : “Gak jadi Mbah.” (meoleh sambil berteriak).
Mbah Dukun       : (garuk-garuk kepala belakang) “Hhh ... aneh-aneh saja ABG jaman sekarang.”

Sedangkan di kantin Universitas Arghatafia, pada saat jam istirhat. Terlihat Adib sedang duduk sambil membaca buku. Azilla yang melihatnya pun segera menghampiri Adib. Ia berfikir bahwa ini adalah waktu yang tepat untuk memberikan cokelat dari Mbah Dukun kepada Adib.
Azilla                   : “Hai Adib!”
Adib                    : “Eh, hai Zi.” (senyum terpaksa) “Ada apa?”
Azilla                   : “Aku punya sesuatu buat kamu, nih.” (memberikan cokelat).
          Tiba-tiba ...
Naufal                 : “Aadddiiiibbbbb!!!!!! Jangan diterima! Hosh...Hosh...” (dengan nafas tersenggal-senggal).
Adib                    : (wajah heran) “Kenapa gak boleh diterima?”
Azilla                   : “Heh! Siapa lo? Larang-larang Adib nerima cokelat ini?” (wajah garang).
Naufal                 : “Gue kan sohibnya.” (tak kalah sengit).
                             (menatap Adib) “Dib, pokoknya kamu jangan nerima cokelat itu.”
Adib                    : “Emangnya kenapa?”
Naufal                 : “Cokelat itu udah diguna-gunain sama dia. Dia pergi ke dukun, terus minta dukun itu untuk ngeguna-gunain kamu lewat cokelat itu.”
Azilla                   : “Heh jangan fitnah lo! Atas dasar apa lo ngomong kaya gitu? Lo punya bukti gak kalo gue ngelakuin hal itu, hah?”
Naufal                 : “Punyalah gue juga tahu dukun yang lo datengin.”
Adib                    :  (menatap sengit Azilla) “Apa yang diomongin sama Naufal itu bener?”
Azilla                   : “Kamu jangan percaya sama dia, Dib!  Mungkin, mungkin dia sirik kalo kamu dikasih cokelat sama aku.” (gugup).
Naufal                 : “Ish siapa yang sirik, kalo gue mau cokelat ... ya gampang tinggal beli aja kali.”
Azilla                   : “Sialan lo!”
Naufal                 : “Apa? Hah? Masalah?”
          Datanglah Khirani dan Ia pun meleraikan Azilla dan Naufal.
Khiran                 : “Sudah-sudah, kalian ini kenapa sih? Gak malu diliatin banyak orang?”
Naufal                 : “Dia duluan noh yang mulai.”
Azilla                   : “Eh... Lo duluan yang mulai.”
Adib                    : “STTOOOPPPP!!!!! Zi, sebenernya bener gak sih yang diucapin Naufal? Jujur! (membentak).
Azilla                   : “Eh... Itu sebenarnya...” (gugup)
Khirani                : “Zi, ada apa sih sebenernya?”
Azilla                   : “Sebenernya gu... gue... Iya gue mau guna-gunain Adib. Maafin aku ya, Dib! Aku nyesel udah ngelakuin hal buruk kayak gini.” (tertunduk).
Naufal                 : (tersenyum sinis) “Akhirnya ngaku juga lo”
Adib                    : “Oh gitu ya! Jadi lo niat mau guna-gunain gue? Keterlaluan! Dari awal gue  udah gak suka sama sikap lo yang semena-mena ditambah lagi sama kelakuan yang ini. Benci gue sama Lo!” (pergi meninggalkan Azilla dengan tangan mengepal).
Khiran                 : “Oh jadi kamu pergi ke dukun? Aku kan pernah bilang jangan ngelakuin hal negatif! Sebenernya lo nganggep gue sahabat ga? Sekarang lo harus minta maaf sama Adib sebelum semuanya terlambat!” (pergi meninggalkan Azilla).
Naufal                 : “Mangkanya jadi orang tuh jangan ngegedein sombongnya! Tapi gedein tuh iman!”
Azilla                   : “Diem, lo juga maju guna-gunain orang lain kan?”
Naufal                 : “Heh! Jangan asal fintah lo ya!”
Azilla                   : “Hellooooo.... Terus lo tahu dari mana kalo gue pergi dukun?”
Naufal                 : “Eu... Eu... Heh! Gak usah nyari-nyari kesalain orang lain!” (pergi meninggalkan Azilla).
Azilla                   : “Huuu munafik  lo...”
                             “Arrgghhhhhhhh.... Adib maafin gue!” (menunduk frustasi).


          Setiap hari Azilla tidak pernah absen untuk meminta maaf kepada Adib. Hingga pada Akhirnya Adib mau memaafkan Azilla dengan syarat Azilla harus membuang semua sifat buruknya. Lambat laun, Azilla pun berubah menjadi gadis yang baik hati. Naufal yang tadinya berniat pergi ke dukun mengurungkan niatnya, karena itu adalah perbuatan yang tidak baik. Dan sekarang Naufal dan Khirani menjadi sepasang kekasih tanpa melewati dukun. Dan sang dukun pun akhirnya beralih profesi, karena ia menyadari bahwa pekerjaannya merupakan pekerjaan buruk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar