Selasa, 23 Februari 2016

Misteri Legenda Naga

Sumber : Majalah Bobo

N
aga itu benar-benar ada atau tidak? emm, ilmuwan reptil berpendapat binatang naga memang benar ada. Bahkan, binatang naga dalam dunia nyata lebih ajaib.

Binatang Ajaib
          Legenda di Eropa menceritakan naga sebagai binatang ajaib dan mengerikan. Misalnya, naga dapat menyemburkan api, suka makan manusia, penjaga harta karun, dan bisa terbang. Sebaliknya, legenda Asia menganggap naga sebagai binatang baik hati dan pelindung manusia.
          Legenda Eropa dan Asia boleh berbeda. Namun, legenda Eropa dan Asia punya pendapat sama tentang wujud naga. Yaitu naga digambarkan sebagai binatang melata, mirip reptil.

Reptil Seribu Rupa
          Kata naga dalam legenda Asia berasal dari bahasa India. Legenda Eropa menyebut naga sebagai dragon atau draco. Kata dragon atau draco berasal dari bahasa Yunani, yang artinya ular.
          Gambar naga dalam legenda Eropa tidak selalu berupa ular. Naga digambarkan mirip dinosaurus bersayap dan berkaki dua atau empat. Ahli binatang zaman sekarang berpendapat naga ada dalam kehidupan sehari-hari.

Peta Kuno Naga
          Kenapa ahli binatang berpendapat naga ada dalam kehidupan sehari-hari? Itu karena ahli binatang meneliti naga berdasar peta kuno. Peta kuno itu ditemukan di gereja Hereford, Inggris. Peta naga tersebut bernama Mappa Mundi Hereford. Mappa Mundi Hereford adalah peta yang menggambarkan alam pada tahun 1290 Masehi.
          Ahli binatang menelusuri naga berdasar peta Mappa Mundi. Ahli binatang menemukan wujud naga berbeda-beda tergantung wilayahnya.

1.    Buaya Afrika.
     Peta Mappa Mundi menyatakan ada naga pemakan manusia di Afrika. Naga tersebut tinggal di air. Orang Afrika pada zaman itu mengundi manusia untuk dijadikan korban naga. Ahli binatang menemukan tardisi memberi korban manusia pada buaya di Afrika. Lagipula, gambar naga Afrika di peta Mappa Mundi mirip buaya.

2.    Ular Kobra India.
     Peta Mappa Mundi menyebut ada naga yang menyemburkan api di India. Ahli binatang menemukan ular kobra suka menyemburkan racun. Racun ular kobra sangat berbahaya. racun ular kobra terasa panas dan sangat mematikan. Karena itu legenda menggambarkan naga penyembur api berasal dari India.

3.    Reptil Terbang di India
     Peta Mappa Mundi menggambarkan ada naga yang terbang. Di India terdapat reptil yang dapat terbang. Namanya Draco Dussumuari.

4.    Repti Air
     Peta Mappa Mundi melukiskan ada naga hijau bersayap di Slovenia (Eropa). Naga itu tinggal di gua air. Sejak dulu penduduk Slovenia percaya ada naga raksasa tinggal di dalam gua. Soalnya, bayi-bayi naga sering muncul dari dalam gua.
     Ssst, bayi naga Slovenia masih ada sampai sekarang. Bayi naga Slovenia adalah reptil mirip Salamander. Namanya Olm. Olm mirip ular bersayap. Kakinya empat, kulitnya pucat kehijauan, dan tanpa mata.

5.    Komodo Sang Naga
     Ahli binatang berpendapat komodo di Pulau Komodo (Indonesia) adalah naga. Karena komodo memiliki banyak keajaiban yang diceritakan legenda naga. Misalnya, komodo tinggal di pulau yang sangat indah dan telah hidup jutaan tahun yang lalu.


Manusia kagum dan ngeri setiap bertemu ular dan buaya. Kekaguman dan kengerian terhadap ular dan buaya lalu dibuat dongeng atau legenda. Legenda menamai ular dan buaya itu sebagai naga. Jika kamu bertemu ular, buaya atau komodo, itu berarti kamu telah bertemu naga si binatang ajaib di legenda ... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar